Melupakan Sejarah=Menutup Gerbang Masa Depan

Minggu, 04 November 2012

SEJARAH RUSIA KUNO

Latar Belakang Sejarah
Sejarah Rusia diawali dengan perpindahan bangsa-bangsa Skandinavia yang dikenal sebagai bangsa Varangia yang dipimpin oleh tokoh semilegendaris Rurik yang menyeberangi Laut Baltik serta pada tahun 862 M memasuki kota Novgrood dan memerintah di sana. Pada tahun 882 ia menguasai Kiev, kota Slavia yang berkembang menjadi pusat perdagangan antara Skandinavia dan Konstantinopel. Pada tahun 989 Vladimir I meluaskan wilayahnya hingga Kaukasus dan Ortodoks” . Kerajaan Kiev Rusia berakhir setelah serangan Mongol pada tahun 1237 oleh Batu Khan cucu Gengghis Khan.
Selanjutnya bangsa Mongol dikalahkan oleh Dimitri Donskoy pada tahun 1380 dengan kemenangan di Kulikovo. Kemudian daerah-daerah yang tercerai berai disatukan kembali oleh Ivan IV; ia menaklukan Kazan (1552), Astrakhan (1516) serta menguasai Siberia. Pemerintahan dilanjutkan oleh penerusnya sampai bangsa Romanov naik tahta yang diawali dengan diangkatnya Michael Romanov sebagai Tsar (1613). Dinasti Romanov berkuasa selama 304 tahun hingga tahun 1917 dengan Tsar Nikolai II sebagai tsar terakhir. Pada bulan Februari 1917 dibentuk Pemerintahan sementara, di bawah pemerintahan Pangeran  Lyvov dan Stalin”  yang mewujudkan Unisoviet dengan bergabungnya negara-negara di sekitar Rusia. Pemerintahan Uni Soviet berakhir setelah pada tanggal 25 Desember 1991. Presiden Kremlin.
Pemerintahan Rusiasetelah keruntuhan Boris Yetslin yang mulai menjabat sejak tahun 1991. Perkembangan selanjutnya, Rusia diperintah oleh Unisoviet.

Periodesasi Sejarah Rusia
Beberapa ahli berpendapat bahwa pembagian sejarah Rusia lebih tepat disesuaikan dengan zaman-zaman pada waktu berbagai kota menjadi ibukota Negara Rusia. Dengan demikian periodesasi pemerintahan rusia terbagi menjadi:
  1. Negara Rusia pertama, Didirikan oleh Rurik pada akhir abad IX di sekitar Kiev. Pada tahun 1237 kerajaan ini dikuasai oleh bangsa mongol.
  2. Negara Rusia kedua, Berpusat di Moskow. Negara ini didirikan setelah dinasti Rurik di Moscow, berhasil mengusir bangsa mongol dan ahli waris di Bizantium.
  3. Negara Rusia ketiga, Berpusat di St. Petersburg yang berlangsung dari tahun 1703-1918, yaitu ketika Lenin menjadikan Moskow menjadi ibukota Rusia kembali. Pemerintah Rusia di St. Petersburg ini didirikan oleh Peter Agung dengan memindahkan ibukota Rusia beserta kremlinnya dari Moskow.
  4. Negara Rusia yang keempat, Berlangsung hingga sekarang, berpusat di Moskow.
Apabila ditinjau dari sudut bentuk pemerintahannya, maka periodisasi sejarah Rusia dapat dibagi menjadi tiga periode yaitu:
Ø Masa Tsar atau Kekaisaran

Masa kerajaan dimulai sejak berdirinya kerajaan oleh Rurik yang berasal dari bangsa-bangsa Skandinavia yang dikenal sebagai bangsa Varangia yang berhasil menyeberangi Laut Baltik. Kemudian pada tahun 862 M memasuki kota Novgorod dan memerintah di sana. Pada tahun 882 ia menguasai Kiev, kota Slavia yang berkembang menjadi pusat perdagangan antara Skandinavia dan Konstantinopel. Kerajaan Kiev Rusia berakhir setelah serangan Mongol pada tahun 1237 oleh Batu Khan cucu Genghis Khan.Selanjutnya bangsa Mongol dikalahkan oleh Dimitri Donskoy pada tahun 1380 dengan kemenangan di Kulikovo. Kemudian daerah-daerah yang tercerai berai disatukan kembali oleh Ivan IV; ia menaklukan Kazan (1552), Astrakhan (1516) serta menguasai Siberia. Pemerintahan dilanjutkan oleh penerusnya sampai dinasti Romanov (1613). Dinasti Romanov berkuasa selama 304 tahun hingga tahun 1917 dengan Tsar Nikolai II sebagai tsar terakhir.

Ø Masa Uni Soviet

Masa Uni Soviet (komunis) dimulai sejak terjadinya Revolusi Oktober 1917 oleh gerakan kaum buruh pimpinan Trotsky dan Lenin yang berhasil menggulingkan kekuasaan Tsar Nicolas II. Sedangkan pendirian Negara Uni Soviet sendiri sebenarnya terwujud pada tahun 1922, yaitu ketika Stalin berkuasa. Pemerintahan ini berakhir tahun 1991, yaitu dengan bubarnya pemerintahan komunis.

Ø Masa Kepresidenan Rusia(republik).


Berakhirnya pemerintahan Uni Soviet ditandai dengan pengunduran diri Presiden Mikhail Gorbachev pada tanggal 25 Desember 1991 dan berkibarnya bendera tiga warna Rusia di Kremlin. Bentuk pemerintahan berikutnya adalah Republik dengan presidennya berturut-turut yaitu Boris Yeltsin (1991-2000), Vladimir Putin (2000-2008), Dmitry Medvedev (2008 ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar